News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Batu Lantik PAW Panwascam Junrejo Dan Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih Pilkada 2024

Bawaslu Kota Batu Lantik PAW Panwascam Junrejo Dan Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih Pilkada 2024

 

Ketua Bawaslu Kota Batu saat melantik dan mengambil sumpah janji PAW Panwascam Junrejo

Kota Batu www.pintubatu.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu secara resmi meluncurkan pendirian Posko Kawal Hak Pilih. Kegiatan itu sebagai bagian dari rapat kerja teknis Pengawasan Pemilihan Tahun 2024 di Hotel Grand City Batu, pada Sabtu (29/6/2024). Acara dimulai dengan pelantikan pengganti antar waktu (PAW) anggota Panwalu Kecamatan (Panwascam) Junrejo Rofi’i, S. Pd menggantikan Tenty Yuana anggota Panwascam Junrejo yang terpilih sebagai anggota KPU Kota Batu periode 2024 s.d 2029. 

Dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kota Batu beserta sekretariat Bawaslu Kota, perwakilan dari ketiga kecamatan, dan Panwascam se Kota Batu beserta Sekretariat, serta Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dari 24 Desa/Kelurahan se Kota Batu. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panwascam Junrejo tersebut dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, S.Pd .

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos menyampaikan, “Bawaslu Kota Batu mendirikan Posko Induk Kawal Hak Pilih di kantor Bawaslu Kota Batu dan tiga posko di kantor Panwaslu kecamatan. Sementara secara daring melalui media sosial, email, dan WhatshApp Center di kantor Bawaslu Kota Batu”.

Foto Yogi pada saat mengisi Bimtek
“Selain itu, Bawaslu Batu akan melakukan patroli kawal hak pilih mulai sekarang hingga hari pemungutan suara pada 27 November 2024. Posko ini didirikan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Kota Batu, ada empat posko yakni satu di Kantor Bawaslu Batu dan tiga di secretariat Panwaslu Kecamatan Bumiaji, Junrejo, dan Kecamatan Batu yang diawasi oleh Panwascam. Sedangkan posko mobile ada di 24 desa/kelurahan yang diawasi oleh PKD (Pengawas Kelurahan Desa)," jelas Yogi.

Posko Kawal Hak Pilih di kantor Panwascam Bumiaji
Tujuan pendirian Posko Kawal Hak Pilih adalah untuk memberikan pelayanan informasi terkait pemilihan (pilkada), edukasi pentingnya pilkada dalam pembangunan, dan advokasi jika hak-hak warga terabaikan. Posko ini juga diharapkan dapat menjadi saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan pengaduan terkait pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

Foto PKD Punten saat melakukan pengawasan melekat pada salah seorang Pantarlih
“Dengan adanya posko di setiap tingkatan, Bawaslu berharap dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam tahapan persiapan pemilihan, serta memastikan proses pemilihan berjalan dengan adil dan sesuai peraturan yang berlaku. Kami mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi dan melaporkan potensi pelanggaran selama proses pemilihan," tambah Yogi.

Posko Kawal Hak Pilih diharapkan menjadi pusat informasi juga dan pengaduan terkait pelanggaran selama tahapan pemilihan serentak tahun 2024.

Foto PKD Sumbergondo  saat pengawasan melekat pada Pantarlih
Bawaslu berkomitmen menindak setiap pelanggaran dan memastikan proses demokrasi berjalan sesuai aturan. Fokus utama Posko ini adalah memastikan hak pilih setiap warga negara dihormati dan dilindungi.

"Kami tidak hanya mengawasi proses secara langsung, tetapi juga mengajak masyarakat untuk turut aktif dalam mengawasi dan melaporkan indikasi pelanggaran," tambah Yogi.

Pada Pilkada Serentak Batu Kota tahun 2024,saat ini tercatat di daftar pemilih pemilihan yang sedang dimutakhirkan oleh Pantarlih  (petugas pemutakhiran data pemilih) sebanyak 167.896 pemilih akan menggunakan TPS dengan rata-rata 556 pemilih per TPS. Patroli kawal hak pilih akan memantau kinerja 601 Pantarlih yang sedang melakukan Coklit, memastikan mereka bekerja sesuai prosedur. Bawaslu Batu juga akan melakukan uji fakta hingga 17 Juli 2024 untuk mengecek warga yang telah dicoklit oleh Pantarlih.

"Kami akan melakukan sampling dengan mendatangi 10 KK/hari secara random selama 23 hari kerja, memastikan warga sudah dicoklit, ditempeli stiker, dan mendata warga berkebutuhan khusus," pungkas Yogi. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment